Betta Origins – Kisah Ikan Siam yang Bertarung

Ikan pertempuran siam pernah menjadi ikan yang sangat populer di Siam atau Thailand modern bukan karena warnanya yang indah tetapi murni karena kecakapan bertarungnya. Kemudian ditemukan oleh ilmuwan dan diberi nama ilmiah betta splendens atau splendid warrior, ikan ini sekarang biasa dikenal dengan betta. Ikan petarung berwarna kusam mungkin sulit dihubungkan dengan cupang warna-warni dan sirip panjang saat ini, tetapi perilaku agresifnya tetap ada. Orang yang mengetahui asal usul cupang mengatakan bahwa pada masa Siam cupang berwarna kehijauan dan memiliki sirip yang sangat pendek. Mereka percaya bahwa sirip pendek dikembangkan sehingga lawan mereka akan memiliki lebih sedikit untuk meraih selama pergumulan mereka.

Bettas saat itu di mana setara dengan permainan ayam situs ayam . Siams membiakkan cupang mereka untuk menyempurnakan keterampilan bertarung mereka. Ada yang mengatakan bahwa sebelum ikan Siam mulai membiakkan cupang, pertarungan mereka di alam liar hanya akan berlangsung beberapa menit. Tetapi saat mereka dibiakkan, perkelahian juga meningkat selama berjam-jam. Meski pertarungan berlangsung lama, cupang jarang mengalami luka serius. Sebagian besar cedera hanya terdiri dari sirip yang sobek akibat gigitan lawan. Sama seperti olahraga lainnya di mana hewan dibuat untuk bertarung, ada uang yang bisa dimenangkan dan kalah dalam pertarungan ikan dan orang-orang Siam secara teratur kehilangan keberuntungan hanya karena cupang rendahan. Ini menjadi sangat populer bahkan Raja Siam mulai mengumpulkan ikan petarung ini dan melisensikannya.

Suatu saat selama tahun 1840-an, Raja Siam memberikan beberapa ikannya kepada seseorang yang pada gilirannya memberikannya kepada Dr. Theodore Cantor. Dr Cantor awalnya menamai ikan Macropodus Pugnax. Itu kemudian diubah namanya menjadi betta splendens oleh Tuan Tate Regan tertentu pada tahun 1909. Cupang mulai tumbuh dalam popularitas dan pada akhir 1800-an cupang sudah terlihat di seluruh Eropa dan di Amerika pada tahun 1910. warna dan pemanjangan sirip cupang mungkin berasal dari mereka yang kemudian membesarkannya yang lebih suka melihat cupang berwarna-warni. Sampai saat ini cupang sangat populer di Amerika Serikat dan di Jepang. Beberapa menghargai mereka karena kecakapan bertarung mereka sementara yang lain lebih suka tampilan warna yang indah dari cupang. Sudah ada banyak peternakan cupang yang tersebar di Asia yang membiakkan cupang sebagai petarung atau sebagai karya seni.

Terlepas dari asal usul cupang, ikan aduan sekarang menjadi bagian penting dalam perdagangan ikan peliharaan. Beberapa orang terpesona oleh kecantikan mereka sementara yang lain cukup terhibur dengan agresivitas cupang. Asal usul prajurit yang luar biasa mungkin tidak terlalu spektakuler untuk diketahui. Tetapi ikan tersebut telah mengalami serangkaian transformasi yang akan membuat cupang asli dan cupang sekarang tidak terlihat sama. Itu sampai mereka ditempatkan di tangki yang sama dan pertunjukan keterampilan bertarung dimulai.

A note to our visitors

This website has updated its privacy policy in compliance with changes to European Union data protection law, for all members globally. We’ve also updated our Privacy Policy to give you more information about your rights and responsibilities with respect to your privacy and personal information. Please read this to review the updates about which cookies we use and what information we collect on our site. By continuing to use this site, you are agreeing to our updated privacy policy.